Senin, 08 Oktober 2012

RINGKASAN PRESENTASI PERUBAHAN KANDUNGAN LIGNIN SELAMA PROSES PENGOMPOSAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT


Pabrik kelapa sawit menghasilkan limbah padat yang berupa cangkang, serat mesokarp dan tandan kosong kelapa sawit (TKS) yang dihasilkan 22-23% dari jumlah tandan setiap buah segar yang diolah. Saat ini sebagian besar TKS masih dibakar dan dimanfaatkan sebagai plastik mulsa. Hal ini  mengakibatkan polusi udara dan kurang ekonomis .
Pemanfaatan TKS sebagai kompos merupakan suatu alternatif karna pengomposan akan menghasilkan produk yang dapat menambah unsur hara tanah dan dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Selain itu pemanfaatan seperti ini juga akan memberi keuntungan terhadap pabrik kelapa sawit dengan menjual kompos dan menurunkan biaya  penggunaan pupuk anorganik/sintetik di Masyarakat.
Lignin selulosa dan hemiselulosa memiliki sumber penting dalam ketersediaan karbon dan energy dalam proses pengomposan. Hal yang diperhatikan disini adalah dekomposisi lignin pada proses aerobic dan  lignin yang terdegradasi selama pengomposan.  Penelitian ini dilakukan untuk mengamati pengaruh lignin tehadap proses pengomposan dan kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar