Sabtu, 06 Juli 2013

BENCANA, KESALEHAN KULTURAL DAN KONSERVASI LINGKUNGAN


          Banjir
          longsor
          Gempa
          Firus flu burung

Alam rusak :

          Penebangan hutan sec. liar
          Penambangan yang merusak
           penghancuran situs budaya
          Buang sampah di sungai

Budaya hedonisme
          > Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia .
Budaya kapitalisme
          > kepercayaan terhadap segala aktiviti perniagaan yang melibatkan pencarian keuntungan secara maksima tanpa atau sedikit campurtangan dari kerajaan dan masyarakat.
Kekayaan Kultural Ramah Lingkungan
          Penataan desa adat masyarakat Bali yang bertumpu pada pembagian tiga lokasi (tri mandala) misalnya, merupakan pemanfaatan alokasi ruang hidup yang bersumber pada keharmonisan hidup. Satu sistem norma dan praktis penempatan kawasan disakralkan serta unit pendukungnya
          Penataan keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu upaya pemanfaatan ruang yang bertumpu pada konsep kosmologis, sebagai cerminan kedudukan diri manusia (mikrokosmos) dalam konstalasi mikrokosmos.selain kaya filosofis sebagai simbol perjalanan hidup manusia dari kelahiran, anak-anak, dewasa, menikah hingga akhirnya meninggal dunia, sejatinya juga bernilai konservasi lingkungan

Konservasi lingkungan dalam aspek hayati diwujudkan keraton dengan menanam pepohonan
          berfungsi sebagai jalur hijau (green belt)
misalnya; pohon asem (tamarindus indica) dan pohon tanjung (mimisops alegi) ) ditanam sepanjang jalan dari kampung Mijen menuju gerbang keraton bagian selatan. Jenis pohon ini menggambarkan proses kelahiran sampai pada fase anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar