Sabtu, 06 Juli 2013

EMPAT PROGRAM PENGELOLAAN BANJIR

Banjir merupakan bencana yang dialami oleh hampir semua wilayah di indonesia. Bencana ini tidak bisa dihindari karena memang sudah menjadi konsekuensi yang harus kita terima akibat dari sudah mulai rusakya lingkungan di sekitar kita.
Berikut ada beberapa program yang bisa dilakukan untuk pengelolaan banjir.
1.       menarik genangan air hujan ke sistem tata air
DI KOTA JAKARTA SEKARANG INI MASIH MENGGUNAKAN POLA Van Breen (PENGGAGAS KANAL BANJIR).DENGAN MENATA 13 SUNGAI DAN MEMBANGUN BANJIR KANAL BARAT DAN TIMUR.PADA PROGRAM INI MENCAKUP PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI, PEMELIHARAAN SITU REGULATOR DAN WADUK RETENSI SEBAGAI TERMINAL BANJIIR DALAM RANGKA STORM WATER MANAGEMENT

2.       MEMINDAHKAN IBU KOTA
Merosotnya daya serap air hujan Jakarta adalah pertanda beban pembangunan bangunan dan infrastruktur melampaui daya dukung lingkungan kota. Untuk tidak memperparah kondisi Jakarta, "gula-gula" pembangunan harus disebar ke luar kota. Salah satu contohnya seperti memindahkan Bandara Soekarno-Hatta ke Cengkareng atau juga memindah Kampus UI ke Depok.Beban kota hanya bisa dikurangi dengan menyederhanakan fungsi kota

3.       JASA PENDUDUK
Jika penduduk hilir ingin menghindari "banjir kiriman", selayaknya mereka dan pemda membayar "jasa memelihara ekosistem meredam banjir kiriman" kepada penduduk dan pemda di hulu. Jasa memelihara hulu sungai tidak gratis, perlu diberi nilai ekonomi melalui pajak, subsidi, retribusi, dan pungutan resmi sebagai koreksi pasar.

4.       mengefektifkan pelaksanaan program. UU Penataan Ruang Nomor 10 Tahun 1992
pelaksanaan program. UU Penataan Ruang Nomor 10 Tahun 1992 memberikan wewenang kepada pemerintah pusat memimpin perencanaan tata ruang yang mencakup lebih dari satu provinsi Guna menjamin keberlanjutan program pengelolaan banjir yang bersifat lintas sektor dan berjangka panjang multitahun, maka anggaran program seperti ini perlu diberi "kode bintang khusus" dalam APBN. Dan ditetapkan "penanggung jawab utama"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar