Minggu, 07 Juli 2013

Kadar Pestisida organoklorin dalam air dan sedimen di perairan bangka Belitung

Propinsi bangka belitung merupakan salah satu propinsi penghasil timah, disamping lada.
Timah selain diambil dari darat juga dari laut.
Aktifitas ini dilakukan oleh pemerintah,swasta,dan penduduk.penambangan ini mengakibatkan kerusakan lingkungan. Lingkungan darat bekas galian yang ditinggal begitu saja menyebabkan lubang dan disaat musin penghujan menyebabkan danau.Dan di daerah laut akan merusak biota bentos sehingga ekosistem terganggu.
Pestisida mempunyai dampak positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari. Pestisida organoklorin tergolong zat yang memiliki zat yang pesisten terhadap lingkungan.Artinya zat tersebut akan berada dalam lingkungan tersebut dalam kurun waktu yang lama setelah digunakan.
Penelitian kadar pestisida organoklorin belum pernah dilakukan di daerah bangka belitung, baik dari muara sungani sampai ke laut.
Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pencemaran pestisida organoklorin pada perairan di daerah bangka belitung.
Pengambilan contoh air dikumpulkan dari 9 stasiun dan contoh lumpur dikumpulkan dari 12 stasiun.
Metoda pengujian
Sampel air sesegera mungkin disaring dengan filter GFC ( Glass Fiber type C ) dengan sistem tertutup dengan gas nitrogen kemudian di ekstraksi dengan Nn-Hexan p.a menggunakan alat ekstraksi “ISSABELLE” secara kontinyu selanjutnya diuapkan menjadi 1 ml dengan alat Kuderna Danish lalu clean up dengan alumina WB 5 Basic kemudian dipisahkan antara fraksi polar dan non polardengan silika merck 7754.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 18 jenis pestisida, maka total kadar pestisida pada daerah tersebut lebih rendah jika dibandingkan kadar pestisida di daerah muara sungai Kuala Tungkal, Jambi(Munawir.K 1997)

Pestisida Organoklorin di daerah bangka belitung belum melewati baku mutu untuk kehidupan biota laut. Sedangkan untuk sedimen masih relatif rendah dibandingkan di beberapa perairan Indonesia. Jenis pestisida yang terdeteksi paling dominan adalah DDT.DDE,Endrin,Endosulfan, Beta BHC,Alfa BHC, Endrin Aldehid. Pestisida ini berasal dari dataran yang terbawa air hujan masuk ke perairan Bangka belitung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar