Rabu, 09 Januari 2013

AIR BERSIH ITU KEBUTUHAN VITAL


Air adalah salah satu jenis sumber daya yang biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau untuk aktivitas sehari – hari. Begitu tergantungnya kehidupan manusia terhadap air, maka kualitas hidup manusia sangat tergantung dari kualitas air yang dikonsumsi. Sumber air bersih diantaranya Sungai, Curah hujan dan Air tanah. Sumber – sumber air bersih ini biasanya terganggu akibat penggunaan dan penyalahgunaan sumber air misalnya untuk keperluan rumah tangga dan industri. Air dikatakan bersih apabila memenuhi beberapa syarat seperti
1.       Syarat Fisik:
a.       Air harus bersih dan tidak keruh
b.      Tidak berwarna apapun
c.       Tidak berasa apapun
d.      Tidak berbau apapun Suhu antara 10 – 25 C (sejuk)
e.      Tidak meninggalkan endapan
2.       Syarat kimia
a.       Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
b.      Tidak mengandung zat – zat kimiawi yang berlebihan
c.       Cukup yodium
d.      pH air antara 6,5 – 9,2
3.       Syarat mikrobiologi
Tidak mengandung kuman – kuman penyakit seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit

Mengingat bahw air adalah komponen dari lingkungan hidup, maka pencemaran air merupakan dari pencemaran lingkungan hidup. Pencemaran air diartikan sebagai masuknya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponenlain kedalam air sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan fungsinya. Pencemaran air paling mudah di deteksi dari segi fisik seperti air yang berwarna keruh, berbau dan terdapat kotoran.
Secara umum sumber – sumber pencemaran air adalah sebagai berikut :
1.       Limbah industri (bahan kimia baik cair ataupun padatan, sisa – sisa bahan bakar, Tumpahan minyk dan oli, Kebocoran pipa – pipa minyak tanah yang ditimbun dalam tanah)
2.       Pengurangan lahan hijau  atau hutan akibat perumahan dan bangunan
3.       Limbah pertanian (pembakaran lahan, pestisida)
4.       Limbah pengolahan kayu
5.       Penggunaan bom oleh nelayan dalam mencari ikan di laut
6.       Limbah dari rumah tangga (Limbah cair, seperti sisa mandi, MCK, sampah padatan seperti plasik, gelas, kaleng, batu baterai, sampah cair seperti detergent dan sampah organik seperti sisa – sisa makanan dan sayuran)
Akibat yang ditimbulkan dari pencemaran air adalah air tidak dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya dan jika dimanfaatkan maka diperlukan pengolahan khusus yang menyebabkan peningkatan biaya pengoperasian dan juga menjadi penyebab timbulnya penyakit. Secara langsung atau tidak dampak air yang terkontaminasi limbah jika dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan manusia dengan gejala yang bervariasi dati ringan, sedang  sampai menyebakan kematian tergantung pada dosis yang mereka konsumsi.  Jenis penyakit yang disebabkan antara lain penyakit non infeksi seperti keracunan, kerusakan organ, kanker, hipertensi, asma bronchioli, gagal ginjal, efek pada janin dapat menyebabkan bayi lahir cacat, keterbelakangan mental, gangguan pertumbuhan fisik dan gangguan psikologis dan kecerdasan. Semoga dengan membaca artikel ini kita bisa memilah air mana yang layak dikonsumsi agar tidak berakibat mengganggu kesehatan. (Nuraini Merdekawati)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar