Selasa, 08 Januari 2013

JADILAH SAHABAT BUMI


Apakah kita pernah tersadar dimanakah kita sekarang? Kita sebagai manusia hidup di bumi dari awal lahir sampai akhirnya meninggal. Kita sangat berhutang budi pada bumi  planet tempat tinggal kita. Terkadang kita tidak tersadar bahwa apa yang kita lakukan adalah dapat mengotori bumi, merusak bumi dan membuat bumi jadi tidak indah lagi.
Oleh karena itu kita harus mulai mengubah hidup kita agar perbuatan kita ini tidak lagi merusak bumi. Tentunya kita adalah manusia yng tidak dapat melakukan semua hal jadi, cukup melakukan perbuatan yang dapat kita lakukan dan tidak perlu memaksakan diri, jika kita hanya dapat berbuat hal -  hal yang sederhana tidak ada salahnya kita melakukannya. Mulailah dari yang sederhana dan dari diri kita sendiri.
            Hal – hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya adalah membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghematan listrik, menghemat bahan bakar minyak dan masih banyak lagi.mungjkin sudah tidak asing kita membaca “ Buanglah sampah pada tempatnya”  tetapi apakah kita sudah melakukan hal kita anggap sederhana tetapi bisa berdampak besar bagi kehidupan kita di masa depan. Terkadang untuk sampah sampah yang berukuran kecil seperti sobekan kertas, plastic atau bungkus snack orang lebih cenderung menaruh di sembarang tempat seperti kolong meja atau bangku ketika disekolah, di bawah tempat duduk ketika berada di dalam angkot tanpa kita sadari hal yang sepele itu sudah menjadi kebiasaan yang kita lakukan.
            Hal seperti itu tidak hanya dilakukan oleh anak – anak, Tetapi juga oleh orang dewasa. Itu menandakan bahwa yang terpenting adalah kesadaran diri. Usia tidak berpengaruh pada sikap sesorang. Yang paling berpengaruh adalah kesadaran. Itu yang penting Begitu juga dengan pengunaan listrik dan air. Kita selalu menganggap bahwa lebih banyak orang yang menggunakan air lebih banyak dari diri kita sendiri sehingga kita berpikir kalaupun kita menghemat tetap saja tidak akan berguna. Sebenarnya itu adalah pemikiran yang salah. Bayingkan jika setiap orang berpikir seperti  itu maka tidak aka nada orang yang berhemat. Jangan menunggu orang lain untuk berbuat hal baik.
            Oleh karena itu untuk menjaga lingkungan bumu kita  ini lakukanlah suatu hal yang kecil karena sesuatu yang besar itu tidak akan ada sebelum ada hal yang kecil. Jika hal kecil itu dilakukan oleh banyak orang maka suatu hal kecil pun akan berubah menjadi sesuatu hal yang besar. Jika seribu orang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan maka daerah tersebut akan menjadi bersih. Tetapi sebaliknya jika ada seribu orang membuang sampah tidak pada tempatnya maka tentunya daerah itu akan sangat kotor sekali.  Jadi janganlah pernah meremehkan hal hal kecil seperti menghemat listrik, menghemat air menghemat BBM atau membuang sampah pada tempatnya. Lakukanlah mulai dari diri sendiri lalu tularkanlah pada orang – orang terdekat yang ada disekitar anda. Jadilah sahabat bumi dan cintailah bumi ini. Semoga kita bias melakukan yang terbaik untuk bumi kita ini agar bumi kembali indah, sejuk, segar dan udaranya nyaman sehingga kita semakin senang hidup dibumi. Selain itu juga agar generasi – generasi berikutnya bisa merasakan kenyamanan hidup di bumi seperti generasi sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar