Senin, 07 Januari 2013

INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama dalam hidup. Makanan dan minuman yang bergizi sangat membantu menunjang aktivitas hidup manusia. Namun, ternyata dibalik makanan dan minuman ini, terdapat sesuatu yang justru dapat mempengaruhi kehidupan, yaitu zat aditif yang ditambahkan pada makanan dan minuman yang kita konsumsi.
Zat aditif adalah bahan alami atau bahan buatan yang ditambahkan atau dicampurkan pada makanan dengan tujuan memperbaiki karakter pangan agar kualitasnya meningkat. Zat aditif dapat dibagi dua, yaitu aditif sengaja dan aditif tidak sengaja.
Buku ini membahas kedua jenis zat aditif tersebut, dengan membaginya menurut kegunaannya : bahan pemberi rasa, bahan penyedap rasa dan penguat aroma, bahan pemberi warna, dan bahan pengawet. Dalam pembahasannya pun dipisahkan antara bahan alami dan bahan buatan.
Pembahasan tiap jenis zat aditif meliputi sumber zat aditif tersebut, fungsinya dalam penambahan bagi makanan, dan kemudian tentang senyawa atau molekul kimia yang terkandung dalam zat tersebut. Dalam pembahasan zat aditif buatan, juga ditambahkan informasi mengenai nama ilmiah / nama kimia dan beberapa nama dagang zat tersebut, juga disertai perbandingan dengan zat alami yang sejenis, dan efeknya bagi tubuh jika digunakan secara berlebih. Pada beberapa zat yang berbahaya juga disertai Peraturan Menteri Kesehatan yang melarang penggunaan zat aditif tersebut.
Organisasi karangan dalam buku ini tidak rumit, runtut berpola seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sehingga tidak berputar-putar dan mudah dimengerti. Dalam pembagian zat aditif dijelaskan dengan poin sehingga tidak membingungkan.
Bahasa yang digunakan dalam buku ini merupakan campuran sebagian besar bahasa ilmiah (denotatif) dan sebagian kecil bahasa konotatif dalam penjelasan mengenai sumber zat aditif. Beberapa bahasa ilmiah yang digunakan memang agak asing, seperti istilah ilmiah zat aditif dan nama-nama zat aditif yang agak rumit. Tetapi, kata-kata lainnya dapat dengan mudah dimengerti.
Penyajian buku ini cukup menarik. Tidak terlalu besar, setiap halamannya berwarna, dan dalam penjelasannya disertai gambar-gambar yang dapat memvisualisasikan zat aditif yang dijelaskan. Gambar-gambar yang ada juga tidak hanya gambar umum zat aditif, tetapi juga gambar struktur molekul yang terdapat dalam zat aditif tersebut.
Menurut saya, buku ini cukup baik, karena merupakan buku ilmiah yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat juga dibaca dan dimengerti khalayak umum. Buku ini juga berisi pengetahuan yang sangat penting yang besar pengaruhnya dalam hidup kita, yaitu terutama tentang zat aditif buatan dalam makanan yang harus dihindari beserta bahaya-bahaya yang dapat timbul jika zat tersebut dikonsumsi secara berlebih.
Buku ini menunjukkan implementasi kimia yang selama ini dipelajari secara teori dalam kehidupan sehari-hari beserta dampak dari bahan kimia yang terdapat dalam makanan dan minuman kita sehari-hari. Dapat dibaca semua orang, karena makanan dan minuman adalah hal yang tidak terelakkan dalam kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar