Selasa, 04 Juni 2013

PENGELOLAAN SAMPAH BERWAWASAN LINGKUNGAN ( PENUTUP )

Sudah saatnya teknologi PSBL dengan menggunakan prinsip 4-M (murah, mudah, manfaat, dan masal), diterapkan untuk kota besar dan sekitarnya. PSBL selain memiliki biaya investasi dan operasionalnya relatif murah, juga memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut :
o Pengolahan sampah tanpa sisa, mulai pengumpulan dan pengangkutan hingga pengolahan sampah menjadi barang bermanfaat untuk masyarakat sekitar.
o Peningkatan motivasi segenap lapisan masyarakat untuk peduli terhadap sampah, serta menjaga lingkungan dan seluruh kota agar selalu tertata rapi dan asri.
o Instalasi layak dibangun di kota, sebab PSBL aman bagi kesehatan dan lingkungan.
o Pemerintah Daerah dapat memperluas dan mengembangkan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.
o Pemerintah Daerah berpeluang untuk mengembangkan produk unggulan daerah.
o Pemerintah Daerah bersama dengan masyarakat saling bekerjasama, dalam mempercantik kota dan membuat lingkungan kota menjadi indah dan nyaman.
Setelah melihat seluruh uraian di atas, apakah masih ada alasan bagi kita semua untuk tidak peduli dengan sampah ?
Apakah tidak ada itikad baik dari para pimpinan kota/daerah untuk membersihkan daerahnya dari masalah sampah dan menyelamatkan seluruh warganya ?
Kemajuan teknologi dan penerapan aplikasinya secara tepat dan sederhana telah berhasil kami ciptakan. Jadi sampah bukanlah menjadi momok bagi kita semua, tetapi kita telah dapat melihat nya dari sisi pandang yang lain yaitu sampah merupakan sumber tenaga baru dan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. Dengan berbagai produk yang dapat dihasilkan, maka berbagai alternatif pengolahan sebelumnya ( seperti pembuatan kompos saja, pembakaran, penimbunan ) tentunya dapat dipertimbangkan kembali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar