Kamis, 02 Mei 2013

MANUSIA DAN LINGKUNGAN


Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya, kebudayaan, lingkungan, sumber daya alam, dan segala aspek yang menyangkut manusia dan lingkungannya secara menyeluruh.
                Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala aspek fungsinya dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembngan dan kematian dan seterusnya, terikat serta berinteraksi dengan alam dan lingkunganya dalam sebuah hubungan timbal balik, baik itu positif maupun negatif.
                manusia diciptakan dilengkapi dengan berbagai perangkat baik internal maupun eksternal. Perangkat internal pada manusia secara biologis atas triliunan sel, yang sebagian besar adalah sel hidup. Sel-sel tersebut membentik jaringan, sedangkan jaringan membentuk organ, dan kumpulan organ membentuk individu. Organ ini lah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, sehingga manusia berhak menyandang predikat kalifah dibumi atau makhluk yang paling sempurna. Dengan kelengkapan organ otaknya melalui fungsi berpikir, manusia mengeksploitasi lingkungannya secara berlebihan dan bisa merusak lingkungan yang ada.


DAMPAK RUSAKNYA LINGKUNGAN
Kerusakan yang terjadi saat ini adalah ulah manusia itu sendiri dari kegiatan aktivitas yang dijalani melalui kegitan-kegiatan per industrian, penambangan minyak, pembalakan pohon liar dan limbah-limbah yang dibuang oleh masyarakat, Yang berdampek ke segala aspek kehidupan.
SEPERTI:
Memanasnya suhu bumi akibat efek rumah kaca dan gas-gas co2 yang mengakibatkan iklim di bumi berubah-ubah dan mencairnya es di kutub utara dan selatan yang mengakibatkan naiknya volume air laut.
Rusaknya hutan lindung sebagai habitat fauna maupun flora yang mengakibatkan kelangkaan dan kepunahan, serta terjadi longsoran tanah akibat pembalakan pohon liar
Rusaknya lapisan ozon akibat Chlorofluorocarbon (CFC)  yang mengakibatkan sinar matahari ultra violet secara langsung dapat menyebabkan pemanasan global


MELESTARIKAN LINGKUNGAN
Lingkungan hidup merupakan sumber daya alam atau kekayaan alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, yang jumlahnya sangat terbatas. Dan membutuhkan waktu jutaan tahun untuk memperbarui sumber daya alam yang telah digunakan, untuk itu perlu adanya melestarikan lingkungan untuk menjaga keseimbangan alam dan melestarikannya.
Melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi dan kemampuan lahan, serta mengatur sistem irigasi atau drainase sehingga aliran air tidak tergenang.
Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan
Melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir/pantai, dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga.
Menciptakan dan menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan
Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap perilaku para pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) agar tidak mengeksploitasi hutan secara besar-besaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar