Selasa, 14 Mei 2013

Jelaskan beberapa proses saling berhubungan yang terjadi di dalam hutan !


2.    Jelaskan beberapa proses saling berhubungan yang terjadi di dalam hutan !
Jawab: Beberapa proses yang terjadi dan saling berhubungan antaralain adalah:
a. Hidrologis, yang merupakan fungsi hujan sebagai tempat penyerapan dan penyimpanan air hujan maupun embun, yang akan mengalir ke sungai – sungai dan menjaga tanah agar terjaga dari erosi dan hilangnya unsur hara. 
b. Iklim, komponen ekosistem alam yang terdiri dari unsur-unsur hujan (air, sinar matahari dan suhu), angin dan kelembaban yang sangat mempengaruhi kehidupan yang ada di permukaan bumi.
c. Kesuburan tanah, tanah hutan merupakan pembentuk humus utama dan penyimpan unsur hara yang diperlukan oleh tumbuhan. Pembentukannya ditentukan oleh batu induk yang membentuknnya dan kondisi saat terbentuknya, meliputi suhu, kelembaban udara, air tanah, topografi wilayah, vegetasi dan jasad – jasad hidup lainnya.
d. Keanekaragaman genetik, hutan memiliki berbagai jenis flora dan fauna. Keduanya memiliki hubungan yang harus diperhatikan dalam pemanfaatannya sehingga tidak terjadi kepunahan ataupun kerusakan lingkungan.
e. Sumber daya alam, dapat memberikan devisa bagi suatu negara  dan pendapatan bagi masyarakat sekitar. Baik dari sumber daya alam yg belum ataupun sudah diolah.
f. Wilayah wisata alam, dalam hubungannya dengan manusia, hutan juga memberikan manfaat berupa sarana wisata, sebagai ciptaan Tuhan YME.
3.    Jelaskan mengenai fungsi hutan !
Fungsi utama hutan adalah menyelenggarakan keseimbangan oksigen dan karbon dioksida serta mempertahankan kesuburan tanah, penyimpan air bersih, dan pencegah erosi bagi wilayah sekitar. Dengan adanya sumber daya yang tersedia banyak di hutan, fungsi hutan pun berkembang, antara lain:
a. Hutan lindung, adalah kawasan hutan yang berfungsi untuk menjaga kelestarian/kesuburan tanah dan tata air wilayah.
b. Hutan Suaka, adalah kawasan hutan yang berfungsi melindungi keanekaragaman hayati dan keindahan di dalamnya.
c. Hutan Produksi, adalah kawasan hutan yang berfungsi sebagai sumber produksi baik berupa kayu, maupun non kayu dari pengelolaan yang dilakukan oleh pihak – pihak tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar