Senin, 15 April 2013

KEBUTUHAN FISIOLOGIS



Abraham maslom dalam teorinya membagi kebutuhan dasar manusia dalam 5 tingkatan yaitu :
      KEBUTUHAN FISIOLOGIS
      RASA AMAN DAN NYAMAN
      KASIH SAYANG
      HARGA DIRI
      AKTUALISASI DIRI

Kebutuhan fisiologis
      Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan yang sangat primer dan mutlak harus dipenuhi untuk memelihara homeostatis biologis dan kelangsungan hidup bagi setiap manusia.
      Kebutuhan fisiologis meliputi : oksigen, cairan, nutrisi (makanan dan minuman), eliminasi, istriahat, tidur, terbebas dari rasa nyeri, pengaturan suhu tubuh, seksual dan lain sebagainya.

      Kebutuhan fisiologis Yaitu kebutuhan yang paling dasar dari manusia atau kebutuhan yang bersifat faali, yaitu anatomi kebutuhan tubuh kitauntuk mempertahankan hidup. Dan kebutuhan ini harus terpenuhi oleh manusia karena apabila tidak terpenuhi maka manusia itu akan sakit atau bahkan mati. Karena itulah mengapa kebutuhan fisiologis masuk dalam urutan pertama atau tinngkatan teratas. 

1.    Oksigen
·         O2 yaitu fungsinya untuk bernafas karena oksigen diperlukan dalam proses metabolisme dalam tubuh
2.    Cairan dan elektrolit
·         Manusia memerlukan minuman untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.


3.    NUTRISI
·         Nutrisi sangat dibutuhkan oleh manusia apabila tidak terpenuhi maka akan ada gangguan pada tubuh. Nutrisi dapat terpenuhi dari makanan yang kita makan sehari-hari.
4.    ELIMINASI adalah proses pembuangan zat sisa dalam tubuh yang harus dikeluarkan karena zat sisa mengandung racun yang apabila tidak dikeluarkan akan menyababkan penyakit. Contohnya BAB/BAK (feses dan urine )
5.    ISTIRAHAT
·         manusia memerlukan kebutuhan untuk istirahat agar energi tidak terlalu banyak terbuang dalam proses metabolisme. Istirahat merupakan kebutuhan yang paling pokok dari manusia untuk menjaga kesehatan.
6.    SEKSUAL
·         setiap manusia memerlukan kebutuhan seksual untuk memdapatkan rasa aman nyaman dari orang yang sangat dicintai dan ini merupakan bentuk ekspreisi yang setiap manusia memilikinya agar manusia tersebut mandapat pengakuan dari orang terkasih.
7.    Eksplorasi dan manipulasi 
·         manusia ingin mengungkapkan apa yang ada pada diri masing-masing tentunya dengan cara yang berbeda-beda pula. Selain itu manusia juga membuat rekayasa dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar