Senin, 15 April 2013

TUGAS BAB.5


1.    Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai air, bagaimana hubungannya peradaban manusia ?

Jawab: air adalah zat kimia yang penting dalam kebutuhan hidup sehari – hari. Semua makhluk membutuhkan air dalam setiap kegiatannya. Terlebih lagi manusia, bagi manusia air adalah sumber kehidupan, manusia bisa hidup tanpa makanan, namun tidak bisa hidup tanpa air. Sejak nabi Adam air di permukaan bumi ini tidak pernah habis, seiring dengan berkembangnya peradaban manusia. Mesopotamiayang disebut sebagai awal peradaban berada di antara sungai Tigris danEuphrates. Peradaban Mesir Kuno bergantung pada sungai Nil. Pusat-pusat manusia yang besar seperti RotterdamLondonMontrealParisNew York City,ShanghaiTokyoChicago, dan Hong Kong mendapatkan kejayaannya sebagian dikarenakan adanya kemudahan akses melalui perairan.


2.    Berikan penjelasan mengenai pencemaran air !
Jawab: Pencemaran air adalah penyimpangan sifat-sifat air dari dari keadaan normal,bukan dari kemurniannya.


3.    Apakah air yang kita minum sehari-hari merupakan air murni ?
Jawab: Air minum pun bukan merupakan air murni. Meskipun bahan-bahan tersuspensi dan bakteri mungkin telah dihilangkan dari air tersebut, tetapi air minum mungkin masih mengandung komponen-komponen terlarut.


4.    Jelaskan pengelompokan mengenai bahan pencemar (polutan) !
Jawab:
1.            Padatan, air yang terpolusi selalu mengandung padatan yang dibedakan atas padatan organik dan anorganik
2.            Bahan buangan yang membutuhkan oksigen (oxygen-demanding wastes), oksigen dibutuhkan oleh bahan buangan dalam proses oksidasi.
3.            Mikroorganisme, air yang merupakan medium pembawa mikroorganisme patogenik yang berbahaya bagi kesehatan yang berasal dari berbagai sumber seperti, udara, tanah, lumpur, tanaman dan atau hewan hidup atau mati, kotoran manusia dan atau hewan, atau bahan organiklainnya.  .
4.            Komponen organik sintetik
5.            Nutrien tanaman
6.            Minyak
7.            Senyawa anorganik dan mineral
8.            Bahan radioaktif
9.            Panas

5.    Jelaskan mengenai sifat-sifat air tercemar !
Jawab: Untuk mengetahui apakah suatu air terpolusi atau tidak, perlu dilakukan pengujian untuk menetukan sifat air, yang umumnya diuji adalah:
1.            Nilai pH, keasaman dan alkalinitas
2.            Suhu
3.            Warna, bau dan rasa
4.            Jumlah padatan
5.            Nilai BOD/COD
6.            Pencemaran mikroorganisme patogen
7.            Kandungan minyak
8.            Kandungan logam berat
Kandungan bahan radioaktif

6.    Apa yang dimaksud dengan biochemical oxygen demand (BOD) dan cjemical oxygen demand ?
Jawab:
—  Biological Oxygen Demand (BOD)
Menunjukkan jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh organisme hidup untuk menguraikan atau mengoksidasi bahanbahan buangan di dalam air. Jadi nilai BOD tidak menunjukan jumlah bahan organik yang sebenarnya, tetapi hanya mengukur secara relativ jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi bahan-bahan buangan tersebut.
—  Chemical Oxygen Demand (COD)
COD Merupakan jumlah kebutuhan oksigen dalam air untuk proses reaksi secara kimia guna menguraikan unsur pencemar yang ada. COD dinyatakan dalam ppm (part per milion) atau ml O2/ liter.(Alaerts dan Santika, 1984). Pengukuran kekuatan limbah dengan COD adalah bentuk lain pengukuran kebutuhan oksigen dalam air limbah.
7.    Jelaskan mengenai pengaruh logam berat yang terkandung dalam air dan pengaruhnya terhadap lingkungan !
Jawab: Logam berat yang terkandung dalam air yang melebihi batas akan membahayakan lingkungan, karena logam – logam tersebut akan mengendap ditubuh organisme yang merupakan rantai makanan, dan dalam jangka lama akan terakumulasi sebagai racun.
8.    Pelajari kasus 1 “Pelayanan Air Minum Jakarta dan Pencemaran Air”. Berikan pendapat anda !
Jawab: Terbatasnya air bersih di Jakarta  akibat adanya pencemaran air, membuat warga jakarta yang memakai pelayanan PDAM sebagai pilhan utama dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Namun kondisi pelayanan yang diberikan oleh PDAM belum begitu memuaskan, warga mengaku air masih keruh dan berbau tidak sedap. Kualitas air sendiri sebetulnya lebih dipengaruhi oleh aktivitas manusia di lingkungan tersebut. Begitu juga dengan kebersihan dan pengelolaan limbah yang dilakukan oleh para pengelola industri yang membuang limbahnya ke DAS. Dibutuhkan kesadaran akan terbatasnya air bersih, dengan bertindak, bukan hanya komplain pada PAM.
9.    Begitu pula untuk kasus 2 “Pencemaran Citarum di Fase Terberat”, bagaimana opini anda ?
Jawab: Berkembangnya industri tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga dampak negatif, adanya pencemaran adalah salah satunya. Limbah yang tidak dikelola dengan baik, akan merugikan lingkungan. Oleh karena itu diperlukan tindakan tegas dari pihak yang berwenang seperti, PEMDA untuk membuat aturan yang ketat, dengan penyidikan berkala untuk memantau dijalankannya pengelolaan limbah dengan baik. Sehingga kerugian tidak akan menimpa masyarakat. Seperti pada artikel diatas, menurut saya kurangnya perhatian yang diberikan oleh pemerintah setempat terhadap pemilik pabrik, yang letakknya di wilayah Citarum, mengakibatkan terlambatnya pemberitahuan kepada warga bahwa Citarum sudah berada pada fase terberat, atau dikategorikan beracun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar