Sabtu, 13 April 2013

MARI KITA JAGA HUTAN DEMI KEHIDUPAN GENERASI MENDATANG




Memperhatikan keadaan hutan sekarang memang sudah mengkhawatirkan banyak terjadi penebangan liar dampak yang kita rasakan adalah ketika musim hujan dating terjadi bencana banjir tetapi sedangkan musim kemarau tiba kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih hal ini terjadi karena tidak ada yang menyerap air hujan dan menyimpan cadangnan air ketika hujan. Karena fungsi dari hutan lindung sendiri adalah sebagai pengatur tata air, pencegah banjir serta memelihara kesuburan tanah. Tumbuhan hijau bisa memperbaiki lapisan atmosfir yang menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan mahluk hidup dan mengambil karbindioksida. Jika tumbuhan hijau tidak menghasilkan oksigen lagi, maka hampir semua kehidupan akan berhenti. Jika karbondioksida bertambah banyak di atmosfer akan merubah iklim di bumi secara drastic. Hutan merupakan tempat tinggal beberapa jenis tanaman dan binatang tertentu yang tidak bisa hidup di tempat lain. Tanpa hutan selain berdampak bagi manusia, tumbuhan dan hewan langka juga akan musnah karena mereka kehilangan tempat tinggal.

Hutan berfungsi sebagai paru paru dunia. Hutan Indonesia seluas 120,35 juta hektar merupakan kelompok hitan tropis ketiga terbesar di dunia setelah Brazil dan Zaire. Selain areanya yang luas hutan Indonesia menyimpan kekayaan lain yaitu dalam tataran global. keanekaragaman hayati Indonesia ternyata menduduki posisi kedua didunia setelah kolombia oleh karena itu hutan harus dipertahankan keberadaannya. Namun tidak sedikit orang yang hanya memikirkan keuntungan semata dengan merusak hutan seperti illegal logging dan peredaran kayu illegal di indoneisa tanpa memikirkan akibat yang bisa ditimbulkan dan secara tidak langsung merugikan dirinya sendiri juga. Orang yang sepert itu termasuk orang yang egois karena tidak memikirkan kelangsungan hidup generasi berikutnya.
Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan melakukan pembangunan hijau. Yang dimaksud pembangunan hijau yaitu bangunan yang eksterior maupun interiornya banyak terdapat tumbuhan atau tanaman . Pembangunan hijau sangat diperlukan Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dan diharapkan bisa menjadi paru paru dunia karena Indonesia terkenal dengan hutan tropisnya. Pemerintah berkomitmen mengubah model pembangunan menjadi ekonomi hijau dengan harapan bisa menjaga pelestarian lingkungan yang tidak hanya mementingkan keuntungan semata. Beberapa sasaran yang ingin dicapai dalam konsep ekonomi hijau ini adalah pertumbuhan ekonomi, perlindungan lingkungan khususnya ekosistem dan keanekaragaman hayati dan budaya serta keadilan sosila. Tujuan dari pembangunan hijau adalah untuk menyelamatkan dunia dari berbagai macam polusi yang semakin hari semakin bertambah. Dari Departemen kehutanan juga menetapkan lima kebijakan prioritas diantaranya pemberantasan pencurian dan perdagangan kayu illegal, revitalisasi sektor hutan khususnya industri kehutanan rehabilitasi dan konservasi sumber daya hutan, pemberdayaan ekonomi masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan hutan dan pemantapan kawasan hutan. Selain itu jaga akan dilakukan perluasan hutan tanaman untuk mendukung penyediaan bahan baku.
Selain pemerintah yang melakukan perbaikan kesadaran dari setiap individu juga sangat berperan penting karena semua itu tidak akan berjalan dengan semestinya jika tidak ada kerjasama dari pemerintah dan kita sebagai penduduk Indonesia. Mulai sekarang tumbuhkanlah kesadaran pada diri kita sendiri tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan karena tanpa hutan kita tidak akan mendapat oksigen yang cukup untuk bernafas. Yang pertama bisa kita lakukan adalah dengan reboisasi atau penanaman hutan kembali di tanah yang gundul bisa di hutan, lereng bahkan di sekitar lingkungan kita sendiri. Karena fungsi rimbunnya pohon bisa menahan air ketika mencapai tanah, air yang masuk ke dalam tanah akan diserap oleh akar tumbuhan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar