Sabtu, 04 Mei 2013

ISTILAH DALAM ILMU LINGKUNGAN


1. Lingkungan Hidup
                Kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hiduo lain.
2. Pengelolaan lingkungan hidup
                Upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan panataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup.
3. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup
                 Upaya sadar dan terencana, yang memedukan lingkungan hudup , termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.
4. Ekosistem
                Tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktifitas lingkungan hidup.
5. Pelestarian fungsi lingkungan hidup
                Rangkaian untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung  lingkungan hidup.
6. Daya dukung Lingkungan Hidup
                Kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
7. Pelestarian daya dukung lingkungan hidup
                Rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan/atau dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya
8. Daya tampung lingkungan hidup
                Kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan atau komponen lain yang  masuk atau dimasukan kedalamnya.
9. Pelestarian daya tampung lingkungan hidup
                Rangkaian uapay untuk melindungi kemampuan  lingkungan hidup  untuk menyarap zat, energi dan/atau komponen lain yang di buang kedalamnya.
10. Sumber daya
                Unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam, baik hayati maupun non hayati, dan sumber daya buatan.
11.  Abrasi
Proses atau peristiwa pengausan oleh gesekan atau gerakkan rombakan air sungai atau laut, air hujan, hujan es, atau angin.
12.  Abu
Bahan tak terbakar yang tersisa setelah suatu bahan bakar (limbah padat) dibakar
13. Activated Sludge 
Lumpur teraktifkan; massa setengah cair yang disingkirkan dari air limbah yang mudah.Mengalir,dan kemudian diaerasi dan dibiaki mikroba aerobik sehingga hasil akhirnya berwarna coklat tua sampai coklat keemasan,terurai sebagian,berbutir,atau bergumpal dengan bau seperti tanah.
14.  Aerasi
Pengaliran udara ke dalam air untuk menigkatkan kandungan oksigen dengan memancarkan air atau melewatkan gelembung udara ke dalam air.
15. Arus
Gerakan air yang tidak priodik, ditimbulkan oleh tenaga luar , termasuk gesekan tekanan angin, berubah karena tekanan atmosfer, bergradian densitas horizontal disebabkan perbedaan pemanasan atau karena difusi bahan terlarut dari sedimen dan aliran air ke danau berhubungan dengan waktu penyimpangan dan pengeluaran.
16. Atmosver
Lapisan udara yang menyelimuti planet bumi. Atmosfer terdiri dari nitrogen (79,1%), oksigen (20,9%), karbondioksida (60,03%) dan beberapa gas mulia (argon, helium, xenon dan lain-lain), ditambah dengan uap air, ammonia, zat-zat organik, ozon, berbagai garam-garaman, dan partikel padat tersuspensi. Atmosfer bumi terdiri dari berbagai lapisan, yaitu berturut-turut dari bawah ke atas adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer.
17. Arah Mesin
Arah kertas yang sesuai dengan arah berjalannya lembaran pada mesin kertas.
18. Approach Floiw (Pipa Umpan) 
Sistem perpipaan dengan berjalannya lembaran pada mesin kertas.
19. Apitan aliran air
Sistem yang meliputi sungai, daerah sekitar yang memengaruhi aliran sungai, sistem akuatik dan manusia serta hasil perlakuannya terhadap daerah tersebut. (water-shed)
20. Analisis Mikroskopik
Analisis untuk menentukan jenis mikroorganisme yang ada dalam suatu buangan; analisis Ini digunakan untuk menentukan tingkat bahaya terhadap suatu penyakit.
21. Baku mutu lingkungan hidup
                Ukuran batas atau kadar makhluk hidup , zat, energi, atau komponen yang ada dan/atau unsur pencemar  yang ditanggung keberadaanya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.
22. Pencemaran Lingkungan hidup
                Masuknya atau dimasukannya makhluk hidup , zat, energi, dan/atau komponenlain kedalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tak bisa berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan.
23. Dampak Lingkungan Hidup
                Pengaruh perubahan pada lingkungan hidup yang diakibatkan oleh suatu usaha dan/auat kegiatan.
24. Analisa mengenai Dampak Lingkungan Hidup
                Kajian mengenai dampak besar dan enting dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelengaraan uasaha dan/atau kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar