Selasa, 14 Mei 2013

Setelah anda mempelajari pemahaman mengenai revolusi hijau, coba tuliskan pendapat anda mengenai hal tersebut dan dikaitkan dengan kondisi saat ini ?


1.        Setelah anda mempelajari pemahaman mengenai revolusi hijau, coba tuliskan pendapat anda mengenai hal tersebut dan dikaitkan dengan kondisi saat ini ?
Jawab:   Revolusi hijau yang merupakan sebuah transformasi agrikultural, yang membawa adanya peningkatan produksi pangan, yang dapat menyelamatkan manusia dari bencana kelaparan dan malnutrisi. Disamping dampak positif adanya revolusi hijau, satu hal yang belum dapat diperbaiki adalah nasib petani. Input yang dipakai guna mengoptimalkan hasil pertanian, seringkali tidak memperhatikan kondisi petani dan keterbatasan alam dalam berproduksi. Penggunaan pestisida, yang diimpor, salah satunya adalah sistem pengelolaan pertanian yang bisa dikatakan membantu meningkatkan produksi pertanian, namun penggunaannya secara kontinu pada tanah pertanian akan menimbulkan pencemaran, sehingga produktivitas tanah tidak seperti sebelumnya, selain itu tingginya harga pestisida dan alat pertanian yang digunakan, juga turut menyusahkan petani. Dimana semestinya petani, berada pada  urutan atas dalam tingkat kemakmuran  dalam Revolusi Hijau ini. Oleh karena itu perlu adanya kebijakan dari pemerintah atau ikut serta dalam mengatur pengelolaan pertanian sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan dalam negeri, dengan melatih petani agar hidup mandiri (tidak bergantung pada input impor) yang harganya cukup mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar