Kamis, 02 Mei 2013

SUHU BUMI SEMAKIN PANAS, ES KUTUB DAN PUNCAK MENCAIR, PERMUKAAN AIR LAUT MENINGKAT



KASUS YANG TERJADI
  Suhu bumi terus memanas, peristiwa   pemanasan global sepertinya semakin menjadi dan susah untuk di hentikan. Suhu bumi diperkirakan meningkat sekitar 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir.
  Faktor semakin lebarnnya lubang dilapisan ozon tambah parah, menyebabkan panas matahari yang masuk ke bumi semakin besar, karena semakin tipisnnya lapisan penyaring panas.

Faktor utama penyebab rusakknya lapisan ozon adalah meningkatnnya polusi udara, zat-zat polutan seperti CO2 dan SIO, FREON semakin banyak dahasilkan baik dari asap industri, kendaraan, ataupun mesin-mesin dan peralatan lainnya.


TINJAUAN TEORITIS

Ozon merupakan suatu zat yang terbentuk oleh sinar ultraviolet yang menguraikan molekul O3 membentuk unsur oksigen. Fungsi utama ozon adalah sebagai gas yang melapisi atmosfer guna melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Jadi jumlah panas matahari yang masuk kebumi dapat terkontrol. Akan tetapi rusaknnya lapisan ozon diangkasa menyebabkan jumlah panas yang memasuki bumi semakin besar dan tidak terkontrol. Hal ini menyebabkan suhu bumi semakin panas dan menjadikan peristiwa “pemanasan Global”

Pemanasan global memberi dampak buruk bag kehidupan di bumi.
Beberapa dampak akibat pemanasan global adalah:
1.      Mencairnya es di kutub bumi, hal ini menyebabkan permukain air laut naik.
2.      Mencairnnya jumlah es di puncak bersalju seperti everest, puncak jaya, aconcagua dan lan-lain.
3.      Mengakibatkan perubahan cuaca ekstrim di bumi, hal ini berdampak buruk bagi kehidupan yang ada di bumi.

Pembahasan dan saran
Jumlah es abadi di  bumi terpusat di kedua kutub bumi, yaitu kutub utara dan selatan. Di kutub utara, terdapat 14.056.000 kilometer persegi es. Sementara di kutub selatan belum dapat dihitung secara pasti, sebab kutub selatan merupakan bagian bumi yang belum tersentuh seutuhnnya oleh  manusia. Akan tetapi, deperkirakan jumlah es di kutub selatan dua kali lebih banyak dari pada jumlah es di kutub utara. Pemanasan global berdampak buruk terhadap kondisi kutub-kutub bumi ini, pada musim kemarau, sekitar 50% jumlah es di kutub utara dan selatan mencair. Dari sorotan satelit, diperkirakan permukaan air laut naik sekitar 3 sampai 4 mm setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan mencairnya jumlah es secara besar-besaran di kutub bumi.
Sementara itu, puncak gunung juga menjadi tempat dimana salju atau es abadi berada. Beberapa puncak gunung yang diselimuti salju antara lain puncak everest, kilimanjaro, aconcagua, cartenz  dan lain-lain. Disitu ditemukan pula jumlah es di puncak yang menyusut drastis, bahkan nyaris hilang. Hal ini jelas disebabkan karena semakin panasnnya suhu di bumi.
Selain berkaitan dengan mencairnya es dan salju abadi, pemanasan global juga berdampak pada iklim di bumi yang dapat berubah secara drastis, juga berakibat seringnnya terjadi badai, angin tornado, hingga gelombang laut yang tinggi. Hal ini karena panas bumi yang tinggi, mengakibatkan penguapan air lebih besar dan keseimbangan air dan udara yang berubah.

SOLUSI
Pemanasan global terus terjadi, sementara orang-orang dan komunitas-komunitas tertentu mulai aktif kampanye dan mempelopori kegiatan-kegiatan peduli lingkungan, untuk menanggulangi pemanasan global, seperti penanaman pohon, melakukan kegiatan-kegiatan dengan alat ramah lingkungan, seperti bahan bakar bio, kemudian pengurangan polusi udara dengan kendaraan non bbm dan lain-lain. Hal ini sedikit mengurangi polusi yang semakin menjadi-jadi di kota kususnnya.
Ø  SIMPULAN
  1.   pemanasan Global disebabkan karena rusaknya lapisan ozon, yaitu semakin lebarnnya lubang ozon sehingga cahaya ultraviolet yang masuk ke bumi tidak tersaring sempurna
  2. Pemanasan global berdampak pada suhu bumi semakin panas, dan berakibat pada mencairnnya jumlah es dan salju abadi di bumi, juga berdampak pada perubahan iklim secara drastis di bumi.

Ø  SARAN
    dewasa ini, kita harus bisa memilih dan membedakan semua kegiatan dan aktifitas yang  kirannya berdampak buruk pada lingkungan dan semakin memperparah suhu panas yang ada di bumi. Kita juga harus menjadi pelopor untuk melakukan aktifitas-aktifitas ramah lingkungan untk megurangi penyebab utama pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar